eskorbuto.neteskorbuto.net

1,9 miliar orang berisiko kekurangan air pegunungan

2 January 2020 / Lingkungan Hidup
1,9 miliar orang berisiko kekurangan air pegunungan

Seperempat populasi dunia berisiko mengalami masalah pasokan air karena gletser gunung, paket salju, dan danau alpine mengalami penurunan akibat pemanasan global dan meningkatnya permintaan, menurut sebuah studi internasional.

Inventarisasi pertama sumber-sumber ketinggian tinggi menemukan bahwa Indus adalah “menara air” yang paling penting dan rentan karena limpasan dari pegunungan Karakoram, Hindu Kush, Ladakh, dan Himalaya, yang mengalir ke hilir ke daerah berpenduduk padat dan beririgasi intensif. cekungan di Pakistan, India, Cina dan Afghanistan.

Para penulis memperingatkan menara air yang luas ini – sebuah istilah yang mereka gunakan untuk menggambarkan peran penyimpanan dan pasokan air yang dimainkan pegunungan untuk menopang tuntutan lingkungan dan air manusia di hilir – tidak mungkin untuk mempertahankan tekanan yang tumbuh pada pertengahan abad ini ketika suhu diproyeksikan naik 1,9C (3,42F), curah hujan meningkat kurang dari 2%, tetapi populasi tumbuh 50% dan menghasilkan delapan kali lebih banyak PDB.

Strain terlihat di tempat lain dalam indeks menara air, yang mengukur volume air di 78 pegunungan berdasarkan curah hujan, lapisan salju, penyimpanan es gletser, danau dan sungai. Ini kemudian dibandingkan dengan penarikan oleh masyarakat, industri dan pertanian di daerah hilir dari aliran sungai utama.

Studi oleh 32 ilmuwan, yang diterbitkan dalam jurnal Nature pada hari Senin, mengkonfirmasi cekungan sungai Asia menghadapi tuntutan terbesar tetapi menunjukkan tekanan juga meningkat di benua lain.
“Ini tidak hanya terjadi jauh di Himalaya tetapi di Eropa dan Amerika Serikat, tempat-tempat yang biasanya tidak dianggap bergantung pada gunung untuk orang atau ekonomi,” kata salah satu penulis, Bethan Davies, dari Royal Holloway University.

“Kami selalu tahu bahwa Indus itu penting, tetapi mengejutkan bagaimana Rhône dan Rhine menjadi semakin penting, bersama dengan Fraser dan Columbia.” Studi ini mengatakan 1,9 miliar orang dan setengah dari hotspot keanekaragaman hayati dunia dapat terkena dampak negatif dari penurunan menara air alami, yang menyimpan air di musim dingin dan melepaskannya perlahan selama musim panas.

Kapasitas penyangga ini melemah karena gletser kehilangan massa dan dinamika salju yang mencair terganggu oleh suhu yang naik lebih cepat pada ketinggian tinggi daripada rata-rata global. “Perubahan iklim mengancam seluruh ekosistem gunung,” simpul laporan itu. “Diperlukan tindakan segera untuk melindungi masa depan menara air paling penting dan rentan di dunia.” Selain upaya konservasi lokal, penulis mengatakan tindakan internasional untuk mengurangi emisi karbon adalah cara terbaik untuk melindungi menara air.

 

Related Post to 1,9 miliar orang berisiko kekurangan air pegunungan

Bangladesh berjuang untuk mengubah gelombang perubahan iklim saat permukaan laut naik
12 October 2019

Bangladesh berjuang untuk mengubah gelombang perubahan iklim saat permukaan laut naik

Bangladesh sudah menjadi salah satu negara yang paling rentan terhadap iklim di dunia, dan pemanasan global akan membawa lebih banyak banjir, badai yang lebih kuat. Di pekarangan ikan kering, dekat...

Air bersih akhirnya mengalir untuk mengubah kehidupan pemetik teh di Bangladesh
13 November 2019

Air bersih akhirnya mengalir untuk mengubah kehidupan pemetik teh di Bangladesh

Bina Patru tidak yakin dengan usianya. Dia pikir dia berusia pertengahan 40-an, tetapi tahu bahwa dia telah menghabiskan seumur hidup bekerja keras di semak-semak teh yang membentang di perbukitan lembah...

India akan memulai proyek besar untuk mengalihkan sungai Gangga dan Brahmaputra
13 October 2019

India akan memulai proyek besar untuk mengalihkan sungai Gangga dan Brahmaputra

India akan mulai bekerja pada program pengalihan sungai besar yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang akan mengalirkan air dari utara dan barat negara itu ke daerah-daerah rawan kekeringan di timur...

National Trust akan membuat 68 kebun pada tahun 2025 untuk meningkatkan kehidupan liar
9 December 2019

National Trust akan membuat 68 kebun pada tahun 2025 untuk meningkatkan kehidupan liar

Lusinan kebun tradisional akan ditanam di Inggris dan Wales oleh National Trust dalam upaya untuk mengatasi penurunan dramatis dari salah satu habitat paling berharga di Inggris. Badan amal ini akan...

Gunung Swedia kehilangan gelar puncak tertinggi karena pemanasan global
15 December 2019

Gunung Swedia kehilangan gelar puncak tertinggi karena pemanasan global

Puncak gunung yang dikenal orang Swedia sebagai yang tertinggi di negara mereka tidak dapat lagi mengklaim gelar tersebut karena pemanasan global, para ilmuwan telah mengkonfirmasi, karena gletser di puncaknya menyusut...

Categories

Copyright © 2020 eskorbuto.net. Reproduction without explicit permission is prohibited. All Rights Reserved.