eskorbuto.neteskorbuto.net

Akhir era saat Irlandia menutup rawa gambutnya 'untuk melawan perubahan iklim'

31 December 2019 / Lingkungan Hidup
Akhir era saat Irlandia menutup rawa gambutnya 'untuk melawan perubahan iklim'

Ketika perusahaan semi-negara yang memanen lahan gambut Irlandia baru-baru ini mengumumkan penutupan 17 rawa, berita itu disambut sebagai akhir zaman. Mengubah lanskap basah yang menutupi sebagian besar dataran tengah Irlandia menjadi sumber bahan bakar telah menjadi proyek nasional yang besar, sebuah usaha ambisius yang diluncurkan oleh para pendiri republik pada tahun 1930-an. Mengeringkan dan memotong ratusan ribu hektar rumput dalam skala industri menghasilkan pekerjaan yang sangat dibutuhkan dan mengurangi ketergantungan pada impor minyak selama hampir seabad.

Jadi ada beberapa nostalgia bulan lalu ketika Bord na Móna, perusahaan pemanen gambut, mengumumkan penutupan 17 dari “rawa aktif” dan akan menutup 45 sisanya dalam tujuh tahun. Nostalgia tetapi juga penerimaan, mengingat kesadaran yang semakin besar bahwa memanen gambut mengeluarkan gas rumah kaca yang memperburuk perubahan iklim, membutuhkan peralihan ke energi terbarukan. “Dekarbonisasi adalah tantangan terbesar yang dihadapi planet ini,” kata Tom Donnellan, kepala eksekutif perusahaan.

Pengumuman itu diikuti oleh janji taoiseach, Leo Varadkar, untuk menjadikan Irlandia pemimpin global dalam melindungi planet ini, didukung oleh rencana pemerintah € 22bn (£ 19,5bn) untuk aksi iklim. Sebagai kekuatan progresif dalam masalah sosial, Irlandia juga akan menjadi mercusuar bagi lingkungan.

Masalahnya, menurut para ahli lingkungan dan akademisi, adalah bahwa semuanya adalah udara panas. Melepaskan pemanenan rawa, kata mereka, terlalu sedikit, sudah terlambat – penghiburan palsu karena lahan gambut yang rusak akan terus mengeluarkan gas rumah kaca. Dan janji kepemimpinan iklim pemerintah, kata mereka, tidak membatalkan catatan lingkungan yang suram yang telah menyebabkan Irlandia berpotensi menghadapi denda € 600 juta untuk kehilangan target emisi.

John Sweeney, seorang pakar iklim dan profesor geografi di Universitas Maynooth, mengatakan: “Perubahan iklim membutuhkan pemikiran jangka panjang tetapi siklus politiknya jauh lebih pendek dan kelompok kepentingan yang memiliki kepentingan ekonomi masih lebih pendek.”

Lahan gambut, dibentuk oleh akumulasi vegetasi yang membusuk, membantu mengatur iklim dengan menghilangkan karbon dioksida dari atmosfer dan menyimpan karbon di dalam gambut. Sebagai bahan bakar, ini lebih merusak daripada batubara, menghasilkan lebih sedikit energi saat dibakar sambil menghasilkan emisi karbon yang lebih tinggi. Bergantung pada bagaimana perhitungannya, industri gambut menyumbang antara 3m dan 6m dari 62 juta ton gas rumah kaca yang dipancarkan Irlandia setiap tahun.

Bord na Móna tampaknya berubah dari penjahat iklim menjadi juara iklim. Panen gambut tahunan diperkirakan akan turun: dari 3 juta ton pada 2015 menjadi sekitar 2 juta pada 2020 dan kurang dari 1 juta pada 2025. Pembangkit listriknya di Edenderry, County Offaly, masih membakar gambut, tetapi semakin bergantung pada biomassa. Selama tahun fiskal 2017-18, energi terbarukan, termasuk angin dan matahari, menyumbang lebih dari 60% dari pembangkit listrik perusahaan.

Pat Sammon, juru bicara di kantor pusat perusahaan di Newbridge, County Kildare, di tepi 370 mil persegi Bog of Allen, mengatakan: “Kami sedang menuju era baru karena bisnis utama perusahaan telah mengekstraksi gambut dan itu jatuh sekarang. ” Tetapi para ahli lingkungan tidak terkesan. “Ini sedikit tabir asap. Ini semua didorong oleh pendapatan, ”kata Florence Renou-Wilson, seorang ilmuwan penelitian dan pakar lahan gambut di University College Dublin. Bord na Móna menutup rawa-rawa yang kelelahan dan tidak lagi menguntungkan, katanya. “Mereka semua sudah selesai dan membersihkan debu.”

Perusahaan sedang mencari pasar baru untuk gambut dalam hortikultura, katanya, dan, lebih buruk, itu jarang “kembali basah” menggunakan rawa, sehingga tanah yang rusak terus mengeluarkan gas rumah kaca. “Mereka baru saja meninggalkan mereka ditinggalkan.”

Lahan gambut yang dipanen – Bord na Móna serta yang dikembangkan oleh operator swasta – menghasilkan sekitar 2,6 juta ton emisi “buron” per tahun. Rehabilitasi bisa membuat banyak rawa karbon netral atau bahkan karbon tenggelam. Catherine O’Connell, kepala Dewan Konservasi Lahan Gambut Irlandia, mengatakan pembicaraan dekarbonisasi Bord na Móna berubah. “Jenius apa yang telah mereka lakukan. Mereka keluar dari warna hijau yang tampak ini. Tapi mereka adalah penambang – mereka menghapus permukaan rawa yang hidup dan menggali. Kematian dengan seribu luka. ”

Sebagai tujuan kebijakan lingkungan, mengakhiri penebangan dan pembakaran gambut seharusnya merupakan “buah yang tergantung rendah”, kata Tony Lowes, direktur kelompok Friends of the Irish Environment. “Tapi kami telah berjuang untuk benar-benar mengendalikannya karena ikatan emosional dan warisan budayanya.”

Para pecinta lingkungan mengatakan ini cocok dengan pola otoritas negara yang menghindari komitmen iklim. Irlandia mengeluarkan 13 ton gas rumah kaca per orang per tahun, level tertinggi ketiga di UE. Inggris mengeluarkan delapan ton per orang.

Di bawah komitmen Uni Eropa, pada tahun 2020 Irlandia seharusnya mengurangi emisi sebesar 20% dari tingkat tahun 1990. Target untuk 2030 adalah 40%. Irlandia berada di jalur untuk melampaui target pertama sebesar 16 juta ton dan yang terakhir sebesar 50 juta ton, memicu denda yang diperkirakan berkisar antara € 230 juta hingga € 600 juta.

Bulan lalu, David Boyd, pelapor khusus PBB untuk hak asasi manusia, mengatakan kegagalan Dublin untuk mengatasi perubahan iklim melanggar hak asasi manusia. Dia membuat komentar dalam pengajuan hukum untuk mendukung kasus pengadilan yang dibawa oleh Friends of the Irish Environment, menuduh pemerintah “sengaja berkontribusi pada tingkat berbahaya perubahan iklim”.

Awal tahun ini, Varadkar menaikkan ekspektasi kenaikan pajak karbon, yang secara luas dipandang sebagai langkah mendasar dan vital untuk mengekang emisi. Tapi anggaran bulan lalu tidak berubah di € 20 per ton. Para kritikus mengatakan pemerintah gagal komitmen iklim karena takut akan reaksi pemilih, pola yang ditetapkan ketika mendukung lonjakan dramatis dalam peternakan sapi perah dan daging sapi, menyenangkan pemilih pedesaan dan kepentingan bisnis tetapi merusak tujuan emisi.

 

 

Related Post to Akhir era saat Irlandia menutup rawa gambutnya 'untuk melawan perubahan iklim'

Para ilmuwan menemukan 'kayu transparan' untuk mencari bahan bangunan ramah lingkungan
4 December 2019

Para ilmuwan menemukan ‘kayu transparan’ untuk mencari bahan bangunan ramah lingkungan

Di era konstruksi kaca dan baja, kayu mungkin terlihat kuno. Tetapi sekarang para peneliti mengatakan mereka telah memberikan perubahan pada kayu untuk menghasilkan bahan yang tidak hanya kokoh, tetapi juga...

Memperbaiki ekosistem yang tidak seimbang
19 November 2019

Memperbaiki ekosistem yang tidak seimbang

Jadi bagaimana kita bisa menyelesaikan masalah seperti ganggang? Jawabannya, kata Davis, akan menjadi bagian-solusi regional, sebagian-global. Untuk Danau Erie, itu akan membutuhkan perubahan pertanian - termasuk peraturan untuk mengurangi beban...

India akan memulai proyek besar untuk mengalihkan sungai Gangga dan Brahmaputra
13 October 2019

India akan memulai proyek besar untuk mengalihkan sungai Gangga dan Brahmaputra

India akan mulai bekerja pada program pengalihan sungai besar yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang akan mengalirkan air dari utara dan barat negara itu ke daerah-daerah rawan kekeringan di timur...

1,9 miliar orang berisiko kekurangan air pegunungan
2 January 2020

1,9 miliar orang berisiko kekurangan air pegunungan

Seperempat populasi dunia berisiko mengalami masalah pasokan air karena gletser gunung, paket salju, dan danau alpine mengalami penurunan akibat pemanasan global dan meningkatnya permintaan, menurut sebuah studi internasional. Inventarisasi pertama...

National Trust akan menanam 20 juta pohon di Inggris selama dekade berikutnya
27 November 2019

National Trust akan menanam 20 juta pohon di Inggris selama dekade berikutnya

National Trust berencana untuk menanam 20 juta pohon selama dekade berikutnya sebagai bagian dari upaya untuk mencapai nol emisi bersih pada tahun 2030. Organisasi membuat pengumuman, yang katanya akan menelan...

Categories

Copyright © 2020 eskorbuto.net. Reproduction without explicit permission is prohibited. All Rights Reserved.