eskorbuto.neteskorbuto.net

Gunung Swedia kehilangan gelar puncak tertinggi karena pemanasan global

15 December 2019 / Lingkungan Hidup
Gunung Swedia kehilangan gelar puncak tertinggi karena pemanasan global

Puncak gunung yang dikenal orang Swedia sebagai yang tertinggi di negara mereka tidak dapat lagi mengklaim gelar tersebut karena pemanasan global, para ilmuwan telah mengkonfirmasi, karena gletser di puncaknya menyusut di tengah melonjaknya suhu Kutub Utara.

“Ini simbol,” kata Gunhild Ninis Rosqvist, seorang profesor geografi Universitas Stockholm yang telah mengukur gletser setiap tahun selama beberapa tahun. “Sebuah sinyal yang sangat jelas, sangat jelas bagi semua orang di Swedia bahwa segalanya berubah.”

Di ujung utara Swedia, sekitar 150 kilometer di dalam lingkaran Arktik, Kebnekaise memiliki dua puncak: puncak selatan yang tertutup gletser yang dapat diakses oleh pejalan kaki yang dilengkapi peralatan memadai, dan tetangga utara yang bebas es tetapi disediakan untuk pendaki gunung berpengalaman .

Sejak pertama kali diukur pada tahun 1880, puncak selatan menjadi lebih tinggi. Tetapi ketika Ninis Rosqvist dan timnya melakukan pengukuran tahun ini, pada akhir musim panas yang meleleh pada 3 September, puncak utara 1,2 meter lebih tinggi pada 2.096,8 meter.

“Kami menduga ini mungkin terjadi tahun lalu,” kata Ninis Rosqvist kepada Guardian dari stasiun penelitian Tarfala di kaki massif. “Namun sayangnya pengukuran kami tidak cukup akurat. Sekarang kita dapat mengatakan dengan pasti: kita akurat dalam jarak beberapa sentimeter. ”

Ilmuwan mengatakan ketinggian puncak selatan Kebnekaise adalah yang terendah dalam catatan: 24 meter lebih sedikit dari pada 1960-an. “Hampir semua susut telah terjadi dalam dua dekade terakhir, ketika gletser telah kehilangan rata-rata satu meter per tahun,” katanya.

Karena gletser kemungkinan akan mengembang lagi dengan salju dan es musim dingin, puncak selatan dapat secara singkat memulihkan peringkatnya, kata Ninis Rosqvist. “Itu akan terus berubah untuk sementara waktu,” katanya. “Tapi trennya sekarang mapan, dan sangat jelas.”

Swedia mencatat bulan-bulan terpanas bulan Mei dan Juli di tahun 2018, dengan suhu melonjak hingga lebih dari 10C di atas normal. Dengan kebakaran hutan di Arktik, gletser Kebnekaise menyusut hampir empat meter.Meskipun Juli ini tidak sepanas setelah awal yang luar biasa dingin pada bulan itu, desa Markusvinsa di ujung utara negara itu mencatat 34,8C pada 26 Juli – suhu tertinggi yang pernah dicatat di utara lingkaran Arktik di Swedia.

Ninis Rosqvist mengatakan gletser kecil seperti di puncak selatan Kebnekaise sangat dipengaruhi oleh musim panas yang hangat. Terutama musim panas yang dingin yang memungkinkan gletser tumbuh, daripada musim dingin yang keras, katanya. Tetapi dua musim panas Skandinavia yang lalu telah menyebabkan salju dan es mencair dengan sangat cepat. “Anda bisa melihatnya di bagian atas, tempat yang paling terkena sinar matahari. Itu benar-benar terlihat berbeda. Di sana licin; Anda dapat melihat air meleleh mengalir. ”

Berita itu mungkin sudah diduga, tetapi penurunan peringkat resmi dari puncak selatan masih “cukup emosional”, kata Ninis Rosqvist. “Gunung-gunung berubah begitu cepat – suhu lebih tinggi, lebih sedikit salju, hujan musim dingin.”

Gletser di puncak selatan Kebnekaise adalah “ikonik – simbol untuk semua gletser di Swedia”, katanya, menambahkan: “Tapi Anda tahu, kami tidak membutuhkan simbol lagi. Kami tidak perlu menumpuk lebih banyak bukti. Kita dapat melihat perubahan iklim di depan mata kita di sini, dan kita perlu melakukan sesuatu tentang hal itu. ”

Related Post to Gunung Swedia kehilangan gelar puncak tertinggi karena pemanasan global

Cuaca memicu musim ajaib untuk jamur eksotis
7 January 2020

Cuaca memicu musim ajaib untuk jamur eksotis

Ini merupakan musim ajaib bagi jamur. Cuaca telah luar biasa, dengan awal musim semi yang basah, musim panas dan musim gugur yang hangat basah kuyup oleh hujan. Dan meskipun jamur...

Tanaman gunung langka di Skotlandia menghilang saat iklim menghangat, menurut para ahli botani
4 January 2020

Tanaman gunung langka di Skotlandia menghilang saat iklim menghangat, menurut para ahli botani

Ada bukti yang jelas bahwa beberapa tanaman gunung paling langka di Inggris menghilang karena iklim yang terus-menerus menghangat, menurut para ahli botani yang bekerja di Dataran Tinggi Skotlandia. Tumbuhan kecil...

Tubuh buah jamur meledak dari kayu mati
29 December 2019

Tubuh buah jamur meledak dari kayu mati

Sekarang musim semi di Saproxylica. Realitas alternatif ada di sekitar kita: ketika musim gugur berkelebat melalui pohon-pohon gugur dan jatuh ke musim dingin, musim misterius terbangun di dunia kayu mati...

'Kematian demi seribu tebasan' hamparan hutan yang luas hilang pada 2018
19 October 2019

‘Kematian demi seribu tebasan’ hamparan hutan yang luas hilang pada 2018

Jutaan hektar hutan hujan tropis murni dihancurkan pada tahun 2018, menurut analisis satelit, dengan daging sapi, coklat dan minyak kelapa sawit di antara penyebab utama. Hutan menyimpan karbon dalam jumlah...

Air bersih akhirnya mengalir untuk mengubah kehidupan pemetik teh di Bangladesh
13 November 2019

Air bersih akhirnya mengalir untuk mengubah kehidupan pemetik teh di Bangladesh

Bina Patru tidak yakin dengan usianya. Dia pikir dia berusia pertengahan 40-an, tetapi tahu bahwa dia telah menghabiskan seumur hidup bekerja keras di semak-semak teh yang membentang di perbukitan lembah...

Categories

Copyright © 2020 eskorbuto.net. Reproduction without explicit permission is prohibited. All Rights Reserved.