eskorbuto.neteskorbuto.net

Kemenangan langka untuk hutan hujan saat negara-negara berjanji untuk menghentikan 'kematian demi cokelat'

14 December 2019 / Lingkungan Hidup
Kemenangan langka untuk hutan hujan saat negara-negara berjanji untuk menghentikan 'kematian demi cokelat'

Pemerintah Ghana dan Pantai Gading sedang merumuskan rencana untuk segera menghentikan semua deforestasi baru setelah penyelidikan Guardian menemukan bahwa industri kakao menghancurkan hutan hujan mereka. Tetangga Afrika barat telah menyusun langkah-langkah baru untuk menyelamatkan hutan mereka yang tersisa dan menanam kembali yang terdegradasi.

Dalam penyelidikan yang dipublikasikan pada bulan September, Guardian menemukan bahwa kakao yang terkait deforestasi telah memasuki rantai pasokan beberapa pemain terbesar di industri cokelat. Pada saat yang sama, kelompok lingkungan Mighty Earth menerbitkan Chocolate’s Dark Secret, sebuah laporan yang menemukan bahwa “sejumlah besar kakao yang digunakan dalam cokelat yang diproduksi oleh Mars, Nestle, Hershey’s, Godiva, dan perusahaan cokelat besar lainnya ditanam secara ilegal.”

Pejabat Pantai Gading yang korup yang tugasnya melindungi taman nasional negara itu dan hutan rahasia menerima suap besar untuk memungkinkan petani skala kecil menebangnya dan menanam kakao. Kakao ini kemudian dibeli oleh perantara yang menjualnya ke pedagang kakao besar termasuk Barry Callebaut dan Cargill, perusahaan yang menjual ke Mars, Cadbury dan Nestlé.

Tindakan yang diambil oleh pemerintah sangat menjanjikan, kata Mighty Earth, tetapi tidak akan berhasil kecuali para pedagang kakao dan produsen cokelat memasukkan uang ke dalam upaya tersebut. “Bahaya besar sekarang adalah bahwa industri akan menendang kaleng di jalan dan menyalahkan pemerintah Ghana dan Pantai Gading dan membuat mereka memperbaiki masalah tanpa cukup membantu secara finansial. Tetapi orang-orang yang memiliki uang dan sumber daya teknis untuk memperbaikinya adalah industri, ”kata Etelle Higonnet, penulis utama laporan Mighty Earth.

Dihubungi oleh Guardian, pembuat cokelat Mars, Perusahaan Hershey dan Mondelez, pemilik Cadbury, tidak mengatakan bahwa mereka akan melakukan uang apa pun untuk rencana pemerintah; Mondelez menunjuk pada program sumber berkelanjutan Cocoa Life, sementara Hershey mengatakan bahwa lebih dari 75% kakao yang dibeli bersertifikat dan berkelanjutan, dan akan mencapai 100% pada tahun 2020. Mars mengatakan bahwa “kerangka kerja bersama untuk tindakan” akan menjadi dirilis pada konferensi perubahan iklim, menguraikan “tindakan utama, kerangka waktu, dan komitmen teknis dan keuangan untuk perlindungan dan restorasi hutan di Ghana dan Pantai Gading.”

Di bawah draf rencana Pantai Gading, yang tampaknya disetujui oleh kantor perdana menteri, para pedagang ini masing-masing akan bertanggung jawab atas sejumlah hutan rahasia yang terdegradasi dan mengubahnya menjadi hutan yang teduh, mengorganisir petani untuk menanam pohon sambil menanam kakao di bawahnya.

Ini adalah cara yang jauh lebih berkelanjutan untuk menanam kakao di mana ekonomi Ghana dan Pantai Gading bergantung daripada cara saat ini, di mana banyak petani menebang pohon-pohon kuno untuk memastikan perkebunan kakao mereka memiliki sinar matahari penuh.

Serta efek dari penipisan hutan hujan Afrika barat terhadap perubahan iklim global, para ilmuwan mengatakan itu juga secara dramatis mengurangi curah hujan. Jika pola saat ini berlanjut, tidak akan ada cukup hujan untuk menanam kakao.

Segelintir hutan rahasia Pantai Gading yang tidak kehilangan petak-petak pohon akan ditingkatkan menjadi taman nasional, sementara satu taman nasional, Marahoué, berada dalam kondisi buruk sehingga mungkin akan diturunkan peringkatnya, mungkin ke hutan rahasia.

Tidak jelas siapa yang akan membayar rencana pemerintah Pantai Gading. Ia mengharapkan para pedagang untuk membayar, tetapi belum menjelaskan dengan jelas apa akibatnya jika mereka menolak. Jumlah orang yang tinggal di dalam kawasan lindung menjadikannya tugas yang rumit dan penuh: pemerintah telah menghadapi tuduhan pelanggaran hak asasi manusia karena mengusir ribuan petani kakao dari taman nasional Mont Péko.

Di Ghana, sementara itu, rencana itu berjangkauan luas, dan jika diberlakukan, dapat mengubah lanskap, meskipun tidak jelas apakah mereka yang menyusunnya memiliki kekuatan yang cukup atau uang untuk melakukannya.

Selain berkomitmen untuk tidak ada deforestasi baru, reformasi penguasaan lahan dan pohon, dan transparansi dalam rantai pasokan sehingga kakao dapat ditelusuri ke tingkat gerbang pertanian, memastikan bahwa tidak ada yang berasal dari kawasan lindung ilegal, pemerintah juga menyetujui dengan pendekatan stok karbon tinggi. Ini adalah cara untuk membuat keputusan tentang penggunaan lahan yang melindungi hutan dengan kepadatan rendah maupun tinggi, yang berarti bahwa lebih banyak hutan Ghana dapat diselamatkan.

Namun, masih ada kejelasan tentang bagaimana ini akan didanai daripada di Pantai Gading. Harga kakao di kedua negara telah turun sepertiga pada tahun lalu, dan ekonomi Ghana juga telah dipengaruhi oleh harga emas dan minyak yang rendah, serta krisis fiskal bahwa IMF menyambungkan dengan kredit yang sejauh ini mencapai $ 565 juta. Memantau dan menanami kembali hutan akan menelan biaya puluhan juta yang harus diusahakan oleh negara.

Related Post to Kemenangan langka untuk hutan hujan saat negara-negara berjanji untuk menghentikan 'kematian demi cokelat'

Rumput tumbuh di sekitar Gunung Everest saat pemanasan global meningkat
18 October 2019

Rumput tumbuh di sekitar Gunung Everest saat pemanasan global meningkat

Semak dan rerumputan bermunculan di sekitar Gunung Everest dan melintasi Himalaya, salah satu daerah yang paling cepat memanaskan planet ini. Dampak pada pasokan air dari peningkatan vegetasi kecil tapi signifikan...

Dua pertiga dari es gletser di Pegunungan Alpen 'akan mencair pada tahun 2100'
7 January 2020

Dua pertiga dari es gletser di Pegunungan Alpen ‘akan mencair pada tahun 2100’

Dua pertiga dari es di gletser Alpen ditakdirkan mencair pada akhir abad ini ketika perubahan iklim memaksa suhu, sebuah penelitian menemukan. Setengah dari es di 4.000 gletser rantai gunung akan...

National Trust akan membuat 68 kebun pada tahun 2025 untuk meningkatkan kehidupan liar
9 December 2019

National Trust akan membuat 68 kebun pada tahun 2025 untuk meningkatkan kehidupan liar

Lusinan kebun tradisional akan ditanam di Inggris dan Wales oleh National Trust dalam upaya untuk mengatasi penurunan dramatis dari salah satu habitat paling berharga di Inggris. Badan amal ini akan...

Air bersih akhirnya mengalir untuk mengubah kehidupan pemetik teh di Bangladesh
13 November 2019

Air bersih akhirnya mengalir untuk mengubah kehidupan pemetik teh di Bangladesh

Bina Patru tidak yakin dengan usianya. Dia pikir dia berusia pertengahan 40-an, tetapi tahu bahwa dia telah menghabiskan seumur hidup bekerja keras di semak-semak teh yang membentang di perbukitan lembah...

Memperbaiki ekosistem yang tidak seimbang
19 November 2019

Memperbaiki ekosistem yang tidak seimbang

Jadi bagaimana kita bisa menyelesaikan masalah seperti ganggang? Jawabannya, kata Davis, akan menjadi bagian-solusi regional, sebagian-global. Untuk Danau Erie, itu akan membutuhkan perubahan pertanian - termasuk peraturan untuk mengurangi beban...

Categories

Copyright © 2020 eskorbuto.net. Reproduction without explicit permission is prohibited. All Rights Reserved.