eskorbuto.neteskorbuto.net

'Kematian demi seribu tebasan' hamparan hutan yang luas hilang pada 2018

19 October 2019 / Lingkungan Hidup
'Kematian demi seribu tebasan' hamparan hutan yang luas hilang pada 2018

Jutaan hektar hutan hujan tropis murni dihancurkan pada tahun 2018, menurut analisis satelit, dengan daging sapi, coklat dan minyak kelapa sawit di antara penyebab utama.

Hutan menyimpan karbon dalam jumlah besar dan penuh dengan satwa liar, membuat perlindungan mereka penting untuk menghentikan perubahan iklim yang tak terkendali dan menghentikan kepunahan massal keenam. Namun deforestasi masih dalam tren meningkat, kata para peneliti. Meskipun kerugian 2018 lebih rendah dari pada 2016 dan 2017, ketika kondisi kering menyebabkan kebakaran besar, tahun lalu adalah yang terburuk berikutnya sejak 2002, ketika catatan seperti itu dimulai.

Penebangan hutan primer oleh para penebang dan peternak sapi di Brasil mendominasi kehancuran, termasuk invasi ke tanah adat tempat tinggal suku-suku yang tidak dihubungi. Kerugian juga tinggi di Republik Demokratik Kongo (DRC) dan Indonesia. Indonesia adalah satu-satunya negara utama di mana perlindungan pemerintah tampaknya secara signifikan mengurangi kerugian.

Ghana dan Pantai Gading mencatat persentase kenaikan terbesar dalam penghancuran hutan hujan, didorong oleh penambangan emas dan pertanian kakao. “Kami sama sekali tidak memenangkan pertempuran ini,” kata Frances Seymour dari World Resources Institute, bagian dari jaringan Global Forest Watch (GFW), yang menghasilkan analisis. “Sangat menggoda untuk merayakan tahun kedua penurunan sejak kehilangan tutupan pohon puncak pada tahun 2016 tetapi, jika Anda melihat kembali selama 18 tahun terakhir, jelas bahwa tren keseluruhan masih ke atas.”

“Hutan dunia sekarang berada di ruang gawat darurat – itu adalah kematian dengan seribu tebasan,” katanya. “Respons Band-Aid tidak cukup. Untuk setiap hektar yang hilang, kami selangkah lebih dekat dengan skenario menakutkan dari perubahan iklim yang tak terkendali. ”Ada banyak upaya pemerintah dan perusahaan untuk memerangi deforestasi, tetapi mereka tidak terbukti cukup, kata Seymour.

Analisis tersebut mengamati semua kehilangan pohon di daerah tropis, tetapi berfokus pada hutan primer. Ini tidak tersentuh dan menyimpan paling banyak karbon dan memiliki populasi dan variasi satwa liar tertinggi. Kehancuran mereka dipandang sebagian besar tidak dapat dipulihkan, bahkan selama beberapa dekade.

Lebih dari 3,6 juta hektar (8,9 juta hektar) hutan hujan murni ditebang pada tahun 2018, menurut data tersebut. “Sebagian besar dari kerugian 2018 [1,3 juta hektar] tebang habis di Amazon,” kata Mikaela Weisse, seorang manajer GFW. “Mengejutkan kami juga melihat beberapa invasi ke tanah adat yang telah kebal terhadap deforestasi selama bertahun-tahun.”

Sebagai contoh, di cagar Ituna Itata di Brazil terdapat lebih dari 4.000 hektar pembukaan ilegal pada paruh pertama tahun 2018, lebih dari dua kali lipat total kerugian sejak tahun 2002. Cagar ini adalah rumah bagi beberapa orang yang tidak terkontak yang tersisa di dunia, yang telah melestarikan hutan selama berabad-abad. Perlindungan hutan sedang dilemahkan di bawah presiden Brasil, Jair Bolsonaro, yang mulai menjabat pada Januari, tetapi dampak ini hanya akan terlihat dalam data untuk 2019.

Di DRC, hilangnya hutan primer adalah 38% lebih tinggi pada 2018 dibandingkan rata-rata 2011-2017. Perluasan pembukaan hutan skala kecil untuk pertanian dan kayu bakar diperkirakan telah menyebabkan sekitar tiga perempat dari kehilangan ini.

Penghancuran hutan asli Indonesia telah didorong oleh perkebunan kelapa sawit, tetapi telah mulai turun dan berada di level terendah sejak 2003. Kebijakan pemerintah tampaknya berhasil, tetapi 2019 kemungkinan akan menjadi tahun yang lebih kering di negara ini daripada dua yang terakhir dan kebakaran yang diperburuk oleh pengeringan tanah bisa melonjak lagi. “Indonesia belum keluar dari hutan,” kata Weisse.

Kerusakan hutan melonjak 60% di Ghana dan 26% di Pantai Gading. “Kabar baiknya adalah industri kakao telah mengambil langkah untuk memerangi tren ini,” kata Caroline Winchester, analis riset GFW. “Pada 2017 inisiatif kakao dan hutan diluncurkan untuk mengakhiri deforestasi lebih lanjut.” Namun, 70% penebangan pohon di Ghana dan Pantai Gading berada di kawasan lindung, katanya.

Seymour juga menyoroti tragedi manusia langsung. “Di balik jeruji pada grafik ini ada kerugian memilukan di tempat nyata,” katanya. “Seringkali hilangnya suatu wilayah hutan juga dikaitkan dengan pemakaman, karena setiap tahun ratusan orang terbunuh ketika mereka mencoba menghentikan para penambang, penebang dan peternak. Kewajiban moral untuk menindaklanjuti kisah ini tidak perlu dipertanyakan lagi dan mendesak. ”

Related Post to 'Kematian demi seribu tebasan' hamparan hutan yang luas hilang pada 2018

Kemenangan langka untuk hutan hujan saat negara-negara berjanji untuk menghentikan 'kematian demi cokelat'
14 December 2019

Kemenangan langka untuk hutan hujan saat negara-negara berjanji untuk menghentikan ‘kematian demi cokelat’

Pemerintah Ghana dan Pantai Gading sedang merumuskan rencana untuk segera menghentikan semua deforestasi baru setelah penyelidikan Guardian menemukan bahwa industri kakao menghancurkan hutan hujan mereka. Tetangga Afrika barat telah menyusun...

Gunung Swedia kehilangan gelar puncak tertinggi karena pemanasan global
15 December 2019

Gunung Swedia kehilangan gelar puncak tertinggi karena pemanasan global

Puncak gunung yang dikenal orang Swedia sebagai yang tertinggi di negara mereka tidak dapat lagi mengklaim gelar tersebut karena pemanasan global, para ilmuwan telah mengkonfirmasi, karena gletser di puncaknya menyusut...

Memperbaiki ekosistem yang tidak seimbang
19 November 2019

Memperbaiki ekosistem yang tidak seimbang

Jadi bagaimana kita bisa menyelesaikan masalah seperti ganggang? Jawabannya, kata Davis, akan menjadi bagian-solusi regional, sebagian-global. Untuk Danau Erie, itu akan membutuhkan perubahan pertanian - termasuk peraturan untuk mengurangi beban...

Masalah industri daur ulang plastik menelan biaya sangat banyak
22 December 2019

Masalah industri daur ulang plastik menelan biaya sangat banyak

Masalah utama dalam industri daur ulang plastik adalah biaya dewan lokal di Inggris hingga £ 500.000 tambahan per tahun, karena mereka berjuang untuk berurusan dengan dampak lanjutan dari larangan impor...

Sepertiga dari tutup es Himalaya terkutuk
25 October 2019

Sepertiga dari tutup es Himalaya terkutuk

Setidaknya sepertiga dari ladang es besar di rantai gunung Asia yang menjulang tinggi akan mencair karena perubahan iklim, menurut sebuah laporan penting, dengan konsekuensi serius bagi hampir 2 miliar orang....

Categories

Copyright © 2020 eskorbuto.net. Reproduction without explicit permission is prohibited. All Rights Reserved.