eskorbuto.neteskorbuto.net

Rumput tumbuh di sekitar Gunung Everest saat pemanasan global meningkat

18 October 2019 / Lingkungan Hidup
Rumput tumbuh di sekitar Gunung Everest saat pemanasan global meningkat

Semak dan rerumputan bermunculan di sekitar Gunung Everest dan melintasi Himalaya, salah satu daerah yang paling cepat memanaskan planet ini. Dampak pada pasokan air dari peningkatan vegetasi kecil tapi signifikan antara garis pepohonan dan garis salju belum diketahui, tetapi dapat meningkatkan banjir di wilayah Hindu Kush Himalaya yang luas, yang mencakup 4,2 mq km (1,6 m mil), memberi makan 10 terbesar di Asia sistem dan pasokan sungai 1,4 miliar orang dengan air.

Para ilmuwan menggunakan data satelit untuk mengidentifikasi peningkatan vegetasi di ekosistem subnival yang tidak dapat diakses (zona tertinggi yang memungkinkan pertumbuhan tanaman), terdiri dari rumput dan semak kerdil dengan salju musiman. Ekosistem ini diketahui tetapi dapat memainkan peran penting dalam hidrologi kawasan, yang mencakup antara lima dan 15 kali luas gletser dan salju permanen di wilayah tersebut.

Mempelajari gambar dari tahun 1993 hingga 2018 yang disediakan oleh satelit Landsat NASA, para peneliti dari Universitas Exeter mengukur penyebaran tutupan vegetasi di empat kurung ketinggian dari 4,150 hingga 6.000 meter di atas permukaan laut.

Pencairan gletser Himalaya telah berlipat dua sejak pergantian abad, dengan lebih dari seperempat dari semua es hilang selama empat dekade terakhir. Penelitian menunjukkan bahwa ekosistemnya sangat rentan terhadap perubahan vegetasi yang disebabkan oleh iklim.

“Banyak penelitian telah dilakukan pada pencairan es di wilayah Himalaya, termasuk studi yang menunjukkan bagaimana tingkat kehilangan es berlipat dua antara tahun 2000 dan 2016,” kata Dr Karen Anderson, dari Institut Lingkungan dan Keberlanjutan di Kampus Penryn Exeter di Cornwall.

“Sangat penting untuk memantau dan memahami hilangnya es di sistem gunung besar, tetapi ekosistem subnival mencakup area yang jauh lebih besar daripada salju dan es permanen, dan kami tahu sedikit tentang mereka dan bagaimana mereka memoderasi pasokan air.”

“Itu akan menjadi berita buruk bagi Himalaya,” kata Anderson. “Zona subnival adalah tempat salju musiman diadakan dan jika lebih hangat Anda akan mendapatkan hidrologi mencolok – laju lebur yang lebih cepat dan peningkatan risiko banjir.”

Tetapi Anderson mengatakan bahwa lebih banyak vegetasi mungkin tidak benar-benar meningkatkan risiko pemanasan dan banjir di Himalaya, dengan satu-satunya penelitian di wilayah itu, di Tibet, menemukan bahwa air pada tanaman yang diuapkan melalui permukaan daunnya sebenarnya memberikan pengaruh pendinginan.

“Kami benar-benar tidak tahu banyak tentang daerah ini dan kami perlu mengarahkan perhatian penelitian ke arah itu karena ini adalah bagian utama dari kisah pasokan air di Himalaya,” tambahnya.

Penelitian ini, yang diterbitkan dalam Global Change Biology, dimungkinkan oleh Google Earth Engine baru, yang memberi para peneliti kumpulan data satelit lembaga pemerintah yang dapat diakses secara bebas di cloud. Sebelumnya, para peneliti harus membangun komputer super untuk menyaring data satelit dalam jumlah besar.

“Ini benar-benar telah merevolusi pekerjaan semacam ini dan memungkinkan penyelidikan berskala besar dan jangka panjang seperti ini terjadi,” kata Anderson.

Related Post to Rumput tumbuh di sekitar Gunung Everest saat pemanasan global meningkat

Air bersih akhirnya mengalir untuk mengubah kehidupan pemetik teh di Bangladesh
13 November 2019

Air bersih akhirnya mengalir untuk mengubah kehidupan pemetik teh di Bangladesh

Bina Patru tidak yakin dengan usianya. Dia pikir dia berusia pertengahan 40-an, tetapi tahu bahwa dia telah menghabiskan seumur hidup bekerja keras di semak-semak teh yang membentang di perbukitan lembah...

Tumbuhan alpine Arktik di Inggris menghadapi kepunahan iklim
29 October 2019

Tumbuhan alpine Arktik di Inggris menghadapi kepunahan iklim

Gunung-gunung Skotlandia adalah tempat berlindung terbesar dari tumbuhan alpine Arktik langka Inggris, sisa-sisa zaman es terakhir. Tetapi tanaman ini menjadi semakin langka, atau menghilang sama sekali, saat iklim menghangat. Mereka...

Tubuh buah jamur meledak dari kayu mati
29 December 2019

Tubuh buah jamur meledak dari kayu mati

Sekarang musim semi di Saproxylica. Realitas alternatif ada di sekitar kita: ketika musim gugur berkelebat melalui pohon-pohon gugur dan jatuh ke musim dingin, musim misterius terbangun di dunia kayu mati...

Bangladesh berjuang untuk mengubah gelombang perubahan iklim saat permukaan laut naik
12 October 2019

Bangladesh berjuang untuk mengubah gelombang perubahan iklim saat permukaan laut naik

Bangladesh sudah menjadi salah satu negara yang paling rentan terhadap iklim di dunia, dan pemanasan global akan membawa lebih banyak banjir, badai yang lebih kuat. Di pekarangan ikan kering, dekat...

National Trust akan menanam 20 juta pohon di Inggris selama dekade berikutnya
27 November 2019

National Trust akan menanam 20 juta pohon di Inggris selama dekade berikutnya

National Trust berencana untuk menanam 20 juta pohon selama dekade berikutnya sebagai bagian dari upaya untuk mencapai nol emisi bersih pada tahun 2030. Organisasi membuat pengumuman, yang katanya akan menelan...

Categories

Copyright © 2020 eskorbuto.net. Reproduction without explicit permission is prohibited. All Rights Reserved.